Jumat, 30 Desember 2011

TEH HIJAU


Green tea (camelia sinensis) atau teh hijau merupakan salah satu teh kaya manfaat dengan semua kandungan berkhasiat di dalamnya. Pada teh hijau  tidak dilakukan penguapan karena akan membuat enzim yang berperan sebagai aksidasi tidak aktif. Aktifitas antioksida dari teh hijau 6 kali lebih besar jika dibandingkan dengan teh hitam.
Teh hijau menghambat pertumbuhan sel tumor dengan mencegah pembentukan senyawa karsinogen, membantu hati untuk membuang racun, dan menjaga DNA dengan memproduksi enzim yang mempercepat pemindahan senyawa karsinogen, dan meningkatkan aktivitas perbaikan rantai DNA. Teh hijau juga menghambat pertumbuhan sel tumor dengan menghancurkan pertumbuhan sel yang abnormal, memperlambat produksihidrogen peroksida dan senyawa radikal bebas yang reaktif lainnya, serta meningkatkan sistem imun tubuh.
Selain itu, teh hijau bermanfaat sebagai stimulan (penyegar), antioksidan, anti bakteri, anti tumor, meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi stress,menurunkan tekanan darah, serta mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah. Seiring dengan perkembangan zaman, green tea sudah banyak dibuat dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas dalam sediaan kapsul sehingga praktis untuk di konsumsi.
Tips menjaga berat badan tetap ideal :
1.       Berolah raga dan makan teratur
2.       Menkonsumsi buah dan sayur yang kaya serat
3.       Mengurangi konsumsi makanan berlemak
4.       Menghindari kebiasaan mengkonsumsi kudapan (snack/makanan kecil)
5.       Melakukan diet yang aman dibawsh pengawasan dokter
Literatur :
1.       Anonim. 2000. PDR for Herbal Medicine 2nd edition. Medical Economics Company. Mountvale, New Jersey. Hal. 369-372
2.       Blumenthal, Mark. 2003. The ABC Clinical GuideTo Herbs. American Botanical Council. USA. Hal. 337-349
3.       Hambali, Erliza. 2005. Membuat Aneka Herbal Tea. Penebar Swadaya. Jakarta. Hal. 33-34
4.       Hartoyo, Arif. 2003. Teh dan Khasiatnya Bagi Kesehatan. Kanisius. Yogyakarta. Hal. 23-33
5.       Ody, Penelope. 2000. The Complete Guide Medicinal Herbal. Darling Kindersley Pty Limited. Australia. Hal. 48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar